Breaking News
Home / Bidang Produksi Pertanian / Puncak kegiatan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon di Kota Malang

Puncak kegiatan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon di Kota Malang

FormatFactoryIMG_4448

Walikota Malang H. Moch Anton sedang menanam bibit pohon mangga.(06/12/2015)

Pagi ini, Minggu 06 Desember 2015 Walikota Malang H M Anton mengawali kegiatan penanaman Satu Milyar Pohon di kelurahan Bakalan Krajan tepatnya RW 06. Gelar acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon tahun 2015 di kota Malang.
Dalam kesempatan tersebut Walikota Malang H. Moch Anton atau Abah Anton didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani dan Kepala Dinas Pertanian Kota Malang Ir. Hadi Santoso, melakukan penanaman pohon secara simbolis diikuti oleh perwakilan dari TNI dan Polri serta pejabat pejabat yang lain di lingkup Pemkot Malang.

FormatFactoryIMG_4449
FormatFactoryIMG_4434
Kepala Dinas Pertanian Kota Malang Ir. Hadi Santoso menjelaskan bahwa sebelumnya bibit telah diserahkan secara simbolis kepada walikota Malang H. Moch. Anton pada peringatan HUT Korpri ke 44 pada tanggal 03 Desember 2015 di halaman Balaikota Malang yang bersamaan juga dengan penyerahan bantuan alsintan berupa 2 unit mini traktor dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada 2 kelompok tani di kota Malang.
FormatFactoryIMG_4459
Di Kota Malang ada tiga kecamatan yang menjadi sasaran penanaman yang sudah dipetakan tahun 2015 ini, yakni Kecamatan Sukun, Kedungkandang dan Lowokwaru, dengan total 5600 bibit pohon yang akan ditanam.
Bibit tanaman sengon

Bibit tanaman sengon

Bibit pohon yang di tanam terdiri dari bibit sengon dan bibit buah buahan diantaranya kelengkeng dan mangga. Dengan menanam pohon sengon diharapkan bisa mengurangi degradasi tanah mengingat akar pohon sengon bisa menampung air sedangkan menanam pohon buah buahan sudah jelas manfaatnya selain teduh buahnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
Kecamatan yang menjadi sasaran penanaman pohon yakni kecamatan Sukun, Kecamatan lowokwaru dan Kecamatan Kedungkandang terutama wilayah pinggiran.
Adapun anggaran yang digunakan untuk penanaman satu milyar pohon ini berasal dari APBD 2015, untuk itu Kepala Dinas Pertanian Kota Malang berharap kelompok tani di kota Malang bisa terlibat secara aktif dalam merawat pohon pohon tersebut dan kedepannya bisa mengembangkan dengan maksimal, sehingga terwujud Kota Malang yang hijau.
Untuk selanjutnya di tahun 2016 nanti pemetaan diarahkan ke wilayah kecamatan Klojen dan kecamatan Blimbing sehingga tercipta Kota Malang yang hijau dan sejuk secara keseluruhan, tutur pak Sony sapaan akrab Kepala Dinas Pertanian kota Malang.
Sehubungan dengan itu pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan bibit tanaman pohon secara simbolis oleh Walikota Malang Abah Anton kepada perwakilan dari kecamatan Klojen dan Kecamatan Blimbing yang menjadi sasaran penanaman pohon tahun 2016.
Walikota Malang menyerahkan bibit tanaman pohon kepada perwakilan kecamatan Klojen

Walikota Malang menyerahkan bibit tanaman pohon kepada perwakilan kecamatan Klojen

perwakilan dari kecamatan Blimbing menerima bibit tanaman pohon untuk penanaman tahun 2016

perwakilan dari kecamatan Blimbing menerima bibit tanaman pohon untuk penanaman tahun 2016

Selain kegiatan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon, Walikota Malang juga menyempatkan untuk melakukan panen padi di salah satu lahan sawah yang terdapat di sekitar lokasi kegiatan penanaman pohon tersebut, yang menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatan blusukan Walikota Malang.(husny)
Hj. Dewi Farida Suryani melakukan potong padi

Hj. Dewi Farida Suryani melakukan potong padi

panen padi bersama Walikota Malang Abah Anton

panen padi bersama Walikota Malang Abah Anton

About Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG