Breaking News
Home / Bidang Produksi Pertanian / Walikota Malang awali Program Tanam Padi Serentak di kota Malang

Walikota Malang awali Program Tanam Padi Serentak di kota Malang

FormatFactoryIMG_4967
Kegiatan Tanam Padi Serentak Nasional, pagi ini 7 Desember 2015 dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air. Untuk kota Malang telah diawali oleh Walikota Malang H. Moch Anton dengan mengambil lokasi lahan sawah Kelompok Tani Rukun Makmur II di Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
Kegiatan ini merupakan kerjasama Dinas Pertanian kota Malang dengan Kodim 0833 Baladhika Jaya Kota Malang yang mencakup luasan lahan sawah seluas 1.200 hektar lebih di kota Malang.
Walikota Malang menjelaskan bahwa kegiatan Tanam Padi Serentak secara Nasional ini merupakan satu terobosan yang sangat bagus, dikarenakan semakin sempitnya lahan sawah di perkotaan terutama di kota Malang ini. “Untuk itu sudah selayaknya lahan pertanian yang semakin sedikit ini dipertahankan untuk tidak dialih fungsikan”, tambahnya.

FormatFactoryIMG_4947
FormatFactoryIMG_5066
Sementara pada kesempatan lain Kepala Dinas Pertanian Kota Malang Ir. Hadi Santoso juga memberikan keterangan bahwa program tanam padi serentak ini merupakan suatu momen yang sangat tepat mengingat intensitas hujan yang cukup baik pada musim ini.
Kepala Dinas juga menjelaskan bahwa sistem tanam padi sawah di kota Malang menggunakan 2 periode tanam yakni periode OkMar (Oktober – Maret) untuk musim hujan dan periode Asep (April-September) untuk musim kemarau.
FormatFactory_MG_5111
Kota Malang yang memiliki 163 kelompok tani dan 28 gabungan kelompok tani(GAPOKTAN), saat ini produksi dan produktifitas tanaman pangannya telah menunjukkan angka yang fantastis yakni mencapai angka 13.000 ton gabah kering giling dalam kurun waktu satu tahun. Terlebih lagi sebagian besar dari jumlah tersebut menghasilkan beras level premium yang mutunya cukup tinggi, sehingga wajar bila beras di kota malang relatif lebih tinggi nilai jualnya, jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Malang yang akrab dengan panggilan pak Soni ini.
Selain jajaran Kodim 0833 Baladhika Jaya, ikut serta pula pada kegiatan ini para pejabat lingkup Dinas Pertanian Kota Malang antara lain Kepala Bidang Tanaman, Kepala Bidang Bina Usaha dan Penyuluhan Pertanian, Koordinator Penyuluh Pertanian tingkat Kota, para Koordinator Penyuluh Pertanian tingkat kecamatan, para Staf bidang bidang terkait, dan para Penyuluh Pertanian dari lima kecamatan di kota Malang, serta para petani anggota Kelompok Tani Rukun Makmur II, Kel. Tasikmadu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.(husny)
FormatFactoryIMG_4904


GALERI FOTO KEGIATAN INI

FormatFactoryIMG_4913
FormatFactoryIMG_4912
FormatFactoryIMG_4969
FormatFactoryIMG_4887
FormatFactoryIMG_4872
FormatFactoryIMG_4915
FormatFactoryIMG_4886

About Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG