Breaking News
Home / BERITA / Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Studi Tiru Usaha Pengolahan Ikan

Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Studi Tiru Usaha Pengolahan Ikan

Pelatihan pengolahan hasil perikanan di ruang pertemuan Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang




Studi Tiru Usaha Pengolahan Ikan di Kab. Lamongan



Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Studi Tiru Usaha Pengolahan Ikan (11/04) – Pelatihan pengolahan hasil perikanan selama 2 hari (8-9 April 2019) bertempat di ruang pertemuan Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, dilanjutkan pada hari ke 3 (10 April 2019) dengan kegiatan studi tiru usaha pengolahan ikan di Kabupaten Lamongan.

Pada hari pertama diberikan materi teori teknologi pengolahan, strategi pemasaran dan analisa usaha oleh narasumber dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya dan pengembangan jiwa wirausaha serta trik tips kesuksesan usaha bidang perikanan oleh praktisi perikanan/owner UD. Riki Utama Mandiri Sidoarjo. Hari kedua melanjutkan materi teori dan praktek diversifikasi pengolahan produk dari bahan baku ikan lele dan nila, penggunaan food aditive dan teknik pengemasan dan desain kemasan oleh Dosen Poltek Kelautan Perikanan Sidoarjo. Diversifikasi produk yang diajarkan antara lain lele segar tanpa duri, crispy lele tanpa duri, otak-otak, siomay, kripik kulit dan stik duri ikan/kalsium.

Hari ketiga pelatihan diisi dengan kegiatan studi tiru ke Kabupaten Lamongan. Tujuan pertama yang dikunjungi adalah Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, disini peserta diberikan gambaran mengenai potensi wilayah dan penjelasan penguatan kelembagaan pelaku usaha perikanan. Tujuan berikutnya ke UD. SBY yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil perikanan. Produk olahan yang dihasilkan antara lain bandeng sapit, krupuk, stik ikan, kripik kulit ikan, sosis ikan, abon ikan, siomay ikan, sempol ikan, bakso ikan, tahu walik ikan, otak-otak bandeng, kaki naga dan nugget lele. Disini peserta mendengarkan pengalaman usaha/success story untuk menambah motivasi, mempelajari teknologi pengolahan produk berikut resep/komposisi bahan, manajemen usaha dan pemasaran. Tujuan terakhir ke TPI Brondong. Disini peserta belajar mengenai pemilihan bahan baku, cara membedakan ikan segar berkualitas dan ikan yang tidak berkualitas atau mengalami kemunduran mutu.

About Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG