Breaking News
Home / News / Lomba Cipta Menu B2SA Non Beras dan Non Terigu Berbasis Potensi Pangan Kota Malang

Lomba Cipta Menu B2SA Non Beras dan Non Terigu Berbasis Potensi Pangan Kota Malang

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang mengajak masyarakat Kota Malang berpola makan sehat melalui mottonya “Ayo Makan Sehat Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Untuk Hidup Sehat Aktif dan Produktif” hal itu sinergi dengan program prioritas Walikota Malang 2018 – 2023 yaitu “Menjamin Ketersediaan dan Diversifikasi Pangan Masyarakat Menuju Kota Malang Bermartabat.

Untuk itu dalam rangka memperingati HUT Kota Malang ke 105 dan Hari Kartini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK dari Kota Malang pada hari Minggu, 28 April 2019 bertempat di halaman depan Balaikota Malang melaksanakan kegiatan “Lomba Cipta Menu B2SA Non Beras dan Non Terigu Berbasis Potensi Pangan Kota Malang, Juga Hasil Optimalisasi Lahan Pekarangan Masyarakat” yang diikuti 57 Tim Penggerak PKK Kelurahan Se-Kota Malang. Pada arena lokasi juga digelar produk pangan baik segar maupun olahan dari hasil pemanfaatan lahan pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Tani dan anggota PKK di Kota Malang.

Konsep Lomba Cipta Menu ini adalah salah satu bentuk sosialisasi, promosi dan implementasi pola konsumsi pangan yang memenuhi prinsip Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan keluarga sehari-hari di masyarakat.

Dari hasil analisa pola konsumsi pangan masyarakat Kota Malang tahun 2018 secara kuantitas sudah memenuhi angka kecukupan gizi. Tetapi secara kualitas “Diversifikasi Pangan” masih belum sesuai. Mengingat Kota Malang adalah Kota Metropolis dimana Pola Konsumsi Junk Food, Fast Food, yaitu tinggi karbohidrat dan lemak. Masih kurang beragam bergizi pada buah, sayur, maupun protein hewani dari ikan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi serta merubah “mindset” bergaya hidup sehat dengan pola konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang sasarannya adalah ibu-ibu, karena ibu sangat berperan sebagai penentu dan penyedia menu keluarga yang sangat penting terhadap kualitas konsumsi pangan keluarga.

Tim juri dalam kegiatan ini terdiri dari Dr. Andriyanto, SH, M.Kes (Direktur Akademi Gizi Surabaya), Crescentia H. (Chef/Manager Hotel Tugu Malang), Dewi Yuhana (Pemred Malang Post). Pemenang lomba dalam kegiatan ini akan mewakili tim Kota Malang pada ajang yang sama di Tingkat Provinsi Jawa Timur pada Hari Pangan Sedunia (HPS) bulan Oktober mendatang.
Bapak Walikota Malang dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang didampingi oleh Ketua Tim Juri Dr. Andriyanto SH, M.Kes Direktur Akademi Gizi Surabaya meninjau lokasi Lomba

Juana I Kelurahan Mojolangu>
juara II Kelurahan Karangbesuki
juara III Kelurahan Cemorokandang>
juara Harapan I Kelurahan Tunjungsekar>
juara Harapan II Kelurahan Lesanpuro>
juara Harapan III Kelurahan Kasin>
juara Kategori Kreatifitas Menu Aplikatif dan Favorit Dewan Juri Kelurahan Tulusrejo>
kelurahan Jodipan sebagai Juara Kategori Kreatifitas Menu Yang Mempunyai Ekonomi/Jual>
panitia penyelanggara dari Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang>
suasana di Lokasi Lomba>

About Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG